Jual Mesin Fotokopi: Jenis dan Penyebab Error Pada Mesin Fotokopi

Jual mesin fotokopi- usaha fotokopi ternyata merupakan sebuah usaha yang bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar. Walau nampak sederhana karena hanya menujual kertas dengan harga sekitar Rp 500 saja, namun jika dihitung-hitung Rp 500 tersebut bisa terkumpul menjadi jutaan rupiah.

Coba saja Anda pikirkan, jika setiap hari ada orang yang melalukan fotokopi kertas sebanyak 10 lembar saja. Berapa banyak uang yang bisa didapatkan oleh tukang fotokopi jika ada 20 orang yang melakukan fotokopi?

Masalah yang Biasa Terjadi Pada Mesin Fotokopi
Sebagai pengusaha fotokopi pastinya Anda akan menemukan berbabagai masalah yang bisa terjadi pada mesin fotokopi Anda. Mulai dari Error E001 & E003, Error E005, Error E014, Error E020 hingga Error E824. Berikut beberapa jenis error pada mesin fotokopi dan penyebabnya.
1. Error E001 & E003
Error ini biasanya terjadi karena ada masalah paa blok pemanas mesin fotocopy, tepatnya yaitu suhu pemanas pada mesin fotokopi terlalu berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini solusinya adalah Anda harus membongkar pemanas, buka Thermistor Mesin yang bentuknya bukat menempel pada upper pemanas mesin fotocopy.
Lalu bersihkan thermistornya. Bersihkan kerak yang menempel dengan alkohol atau cairan yang lainnya. Hati-hatilah agar plastik yang menempel pada thermistor mesin tidak sobek. Bersihkan hingga bersih, kemudian pasang lagi.

2. Error E005
Error yang satu ini muncul karena sensor pada web pemanas mesin fotokopi telah mendeteksi bahwa web sudah hampir habis. Jika web masih tebal kira-kira lewat *28*. Namun jika tidak, maka kemungkinan sensor web mesin fotokopi Anda telah rusak atau kotor.
Jika webnya memang telah habis, Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Tambahkan minyak silicon pada mesin fotokopi Anda agar uppernya tetap awet. Namun jangan terlalu banyak, karena bisa membekas pada hasil kopiannya.

3. Error E014

Error E014 biasanya disebabkan karena adanya gear pemanas pada emsin fotokopi yang telah rompal. Jika Anda melihat letak gearnya tidak seperti biasanya atau kurang presisi, maka segera benarkan kembali posisi gear tersebut agar presisi dengan penuh. Dehingga kinerja mesin fotokopipun dapat kembali optimal.

4. Error E020
Error yang satu ini biasanya disebabkan oleh tinta yang hampi habis pada tinta box. Ceklah tinta di box toner/ developing. Jika habis, silahkan Anda isi kembali tinta tersebut melalui developingnya. Jangan lupa untuk melakukan clear error melalui *28*.

5. Teknisi Fuji Xerox yang satu ini terjadi karena fan wire atas pada mesin fotokopi mati atau tidak berputar. Untuk mengatasinya Anda dapat melepas socketnya, lalu pasangkan kembali dan clear error agar bisa terlihat apakah mesin kembali berjalan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *