Syarat-Syarat Mendirikan Gudang Kayu di Batam

Mendirikan gudang kayu di Batam memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan demi kelancaran usaha yang dijalani selama menggunakan gudang kayu di Batam tersebut. Keberadaan gudang kayu sangat membantu para produsen kayu untuk menyimpan kayu yang nantinya akan dijual kepada banyak orang. Hal tersebut menjadi keuntungan bagi para pebisnis kayu.

Kebutuhan terhadap ruang dengan kapasitas yang besar akan memberikan pengaruh yang cukup besar juga kepada pengusaha kayu. Dengan didirikannya gudang penyimpanan kayu di Batam, kayu-kayu tersebut akan lebih terawat serta terjaga kualitasnya sampai nanti tiba di tangan para konsumen. Gedung yang berfungsi untuk menyimpan berbagai elemen penting penunjang usaha memang perlu mengantongi izin dari pihak berwenang, tak terkecuali ketika ingin mendirikan gudang kayu di Batam.

Dibawah ini merupakan hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika akan mendirikan gudang kayu di Batam sebagai pemenuhan persyaratan guna mengantongi legalitas dari bisnis yang sedang dikelola:
1. jual kayu di batam ataupun jika Anda sudah mendirikan gudang kayu di Batam, namun belum terdaftar di Dinas Perdagangan, segera lakukan pendaftaran untuk memperoleh izin kepemilikan gudang. Dinas Perdagangan biasanya akan memberikan izin kepemilikan gudang apabila ketika pengajuan, pihak yang mengajukan mampu memenuhi berbagai perssyaratan. Tak hanya itu, pemilihan lokasi juga merupakan hal yang wajib, lokasi yang dipilih harus aman dari aktifitas yang terjadi di gudang. Baik ketika menaikkan barang, ataupun ketika menurunkannya. Tak hanya dilihat dari aspek keamanan, faktor lain yang juga tak luput dari perhatian ialah lingkungan. Gudang diusahakan tidak mengganggu aktivitas warga sekitar.

2. Melengkapi persyaratan administrasi
Salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi ketika ingin mendirikan gudang kayu di Batam ialah dengan menyertakan surat permohonan penggunaan gudang sebagai tempat usaha. Surat ini sebagai bentuk konkret agar dinas terkait meyakini legalitas usaha yang akan di daftarkan. Tak hanya itu, pemilik gudang juga wajib menyertakan identitas usaha, entah itu SIUP maupun identitas pemohon sendiri. Hal-hal tersebut pada intinya memiliki tujuan agar barang yang disimpan bukan barang-barang yang illegal di mata hukum.

3. IMB, Peta Lokasi dan jenis barang yang disimpan
IMB biasanya menjelaskan tentang bangunan yang digunakan untuk dijadikan gudang ini merupakan bangunan legal serta sudah mengantongi izin dari Dinas Perdagangan untuk mendirikan gudang kayu di Batam. Sementara peta lokasi gudang berguna untuk mempermudah dinas terkait jika suatu hari hendak melakukan pemantauan serta pengawasan pada aktivitas gudang agar sesuai dengan surat izin yang telah diberikan. Sementara itu, surat pernyataan barang yang disimpan berfungsi untuk memperjelas barang yang ada di gudang, yang merupakan barang legal di mata hukum dan dapat diperjual-belikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *